TABUNGAN HAJI

tabungan hajimu

Tabungan Haji adalah merupakan dibawah naungan Bank Syariah yaitu lembaga keuangan ( Bank ) yang dalam operasionalnya berdasarkan hukum islam yang bertujuan untuk menghindari riba atau bunga. Bank syariah dalam operasionalnya tidak hanya menangani masalah perbankan saja, tetapi juga menangani kegiatan keagamaan. Salah satu kegiatan keagamaan yang penting bagi ummat islam dan merupakan rukun islam yang ke 5, yaitu naik haji bagi yang mampu. Pada umumnya, tidak semua masyarakat Indonesia, terutama ummat islam, mampu melaksanakannya. Hanya sebagian kecil masyarakat yang mampu melaksanakannya. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang menghambat pelaksanaan rukun islam yang ke 5. Faktor yang paling umum yaitu terkait masalah biaya. Mengingat masih banyak dari masyarakat Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Bagi mereka, tidak mudah mengumpulkan uang untuk ongkos naik haji yang mencapai puluhan juta rupiah. Apalagi saat ini, ongkos naik haji semakin mahal dan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal initentunya merupakan beban bagi ummat islam yang ingin melaksanakannya. Terlebih naik haji adalah salah satu rukun islam ynag wajib dilaksanakan oleh ummat islam.

Bank Syariah sebagai bank yang berbasis islam, tertunya mempunyai solusi untuk masalah ini. Salah satu solusi yang kami sampaikan adalah Tabungan Haji Bank Syariah. Konsep tabungan ini pada dasarnya bertujuan untuk membantu dan memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia, terutama bagi ummat islam, baik yang mampu maupun tidak mampu, untuk melaksanakan rukun islam yang ke 5 yaitu naik haji. Konsep tabungan ini yaitu Bank Syariah membuat tabungan khusus untuk naik haji kepada masyarakat yang ingin naik haji baik yang mampu maupun yang tidak mamapu. Tabungan bersifat pribadi atau perorangan maupun kolektif. Untuk mengajak masyarakat dan mempromosikan Tabungan Haji ini, Bank Syariah bisa mempromosikannya di media massa, bekerja sama dengan instansi terkait dan terjun langsung ke masyarakat atau yang biasa disebut door to door. Bank Syariah membatasi jumlah setoran awal untuk tabungan. Misalnya, jumlah setoran awal Rp 20.000 dan untuk setoran selanjutnya tidak dibatasi jumlahnya. Akan tetapi, setoran tabungan dilaksanakan secara periodik. Misalnya, sebulan sekali atau seminggu sekali. Tetapi, tabungan haji ini tidak seperti tabungan pada umumnya. Tabungan haji ini tidak mendapatkan bunga. Apabila seseorang memiliki tabungan haji dan saldo tabungannya besar tetapi dia tidak menabung secara periodik, maka jumlah saldo tabungannya tetap.Bank Syariah juga memberikan kesempatan bagi mereka yang apabila telah menabung sekian lama dan mencapai batas waktu tertentu, saldo tabungannya tidak mencukupi untuk ongkos naik haji, Bank Syariah memberikan pinjaman untuk menutupi kekurangan biayanya. Tentunya, sesuai dengan hukum islam yang mengaharamkan riba, Bank Syariah mendapatkan keuntungan dengan sistem bagi hasil. Bank Syariah juga memberikan kebijakan kepada para masabah. Apabila nasabah meninggal dunia, maka saldo tabungannya diserahkan kepada ahli waris atau orang lain sesuai yang diajukan nasabah pada saat perjanjian. Ahli waris inilah yang berhak untuk melanjutkan menabung di tabungan haji dan apabila saldonya telah mencukupi, maka dialah yang akan melaksanakannya.

Keuntungan bagi Bank Syariah melaksanakan tabungan haji ini adalah :

1.Bank Syariah dapat mempergunakan uang tabungan itu untuk kegiatan lainnya. Misalnya untk pinjaman kepada nasabah atau untuk investasi.

2.Bank Syariah mendapatkan pinjaman lunak dari tabungan haji karena tidak dikenai bunga dan masa tenggang waktu pengembaliannya dalam jangka waktu lama. Selain itu, tabungan haji tidak bisa diambil kembali oleh nasabah sebelum saldonya mencukupi untuk ongkos naik haji.

3.Image Bank Syariah di mata masyarakat semakin baik. Terutama bagi ummat islam. Selain itu, dengan program ini, juga mempererat hubungan Bank Syariah dengan instansi-instansi terkait. Terutama dengan Departemen Agama RI.

       Selain Bank Syariah, masyarakat juga memperolah  keuntungan dengan adanya program ini. Diantaranya :

1.Masyarakat lebih mudah menyisihkan uang untuk ongkos naik haji. Sehingga nantinya banyak masyarakat terutama ummat islam yang bisa naik haji, diantaranya adalah melalui Tabungan Haji Mandiri Syariah dan Tabungan Haji BRI Syariah

2.Menciptakan dan melatih hidup gemar menabung di masyarakat. Sehingga menghindarkan masyarakat dari prilaku konsumtif yang berlebihan.

3.Memberikan kesempatan kepada masyarakat, terutama ummat islam yang kurang mampu untuk bisa naik haji.

Bagi Bapak/Ibu Calon Jamaah Haji yang ingin menunaikan Ibadah Haji Dengan Biaya yang sangat-sangat murah dan terjangkau, Klik Logo/Gambar CLICK HERE di bawah ini

tabungan haji mandiri syariah

Comments are closed.